Wednesday, May 12, 2010

Peduli

Senin-Selasa kemaren gue dikasih nonton National Geographic berhubungan dengan pencemaran lingkungan gitu. Film itu ngebahas tentang isu-isu global warming, forest fire, makhluk laut dst dst. Waktu liat film yang tentang makhluk laut, gue kasian banget sama ikan hiu. Jadi, banyak ikan hiu ditangkepin di laut, dipotongin semua siripnya, terus dibalikin lagi ke laut. Dan siripnya dijadiin .... shark fin soup? Bayangin, dia udah gak bisa berenang, badannya udah berdarah-darah, udah gak punya sirip sama sekali, dan dilempar gitu aja balik ke laut! Sirip ikan gak akan bisa numbuh lagi kan? Ribuan ato bahkan jutaan dari mereka dibunuhin cuma buat dijadiin bisnis makanan.

Ada juga cerita tentang polar bear yang makin kurus dan susah nyari makanan karena es-es di kutub udah mulai mencair, jadi dia susah untuk nangkep anjing laut sebagai makanannya karena gak ada lagi tempat buat si polar bear nungguin anjing laut lewat, semuanya udah jadi air. Bagian-bagian yang masih berupa es tinggal dikit banget. Karena apa? Gara-gara lubang di lapisan zon besarnya udah sampe segede Amerika dan Rusia. Gak ada lagi yang bisa menghalangi matahari masuk seluruhnya ke bumi. Hutan-hutan dibakar. Hutan-hutan ditebangin. Illegal logging, terus kayu-kayunya dijualin buat dirinya sendiri atau hutannya dijadiin kawasan industri ato perumahan.

Orang-orang ngomel, katanya dunia panas lah, udah kaya mau meleleh lah. Tapi itu semua gara-gara siapa? Penyebab utamanya siapa? Manusia kan. Gue, elo, kita, mereka. Jutaan ato bahkan milyaran makhluk hidup mati karena manusia.
Lo ngomel panas, lo nyalahin dunia internasional yang gak becus nanganin isu ini. Tapi lo sendiri udah ngapain? Disuruh ikutan earth hour yang cuma satu jem matiin listrik aja gak mau kan? Disuruh buang sampah kertas di tempat sampah kertas bukan di tempat plastik, lo gak mau kan? Untuk bumi lo, tempat tinggal lo aja lo gak mau ngelakuin hal sekecil itu. Kita gak pantes ngeluh tentang pemanasan global karena karena kita sendirilah pemanasan global itu ada. Yang sekarang bisa kita lakukan adalah mencegah pemanasan global mulai dari hal-hal sederhana. Misal: jangan nyalain AC 24 jam, kalo mau tidur aja nyalainnya. Ato jangan ke tempat-tempat yang cuma 5 menit jalan kaki aja lo harus naik mobil. Jangan tiap hari online komputer terus-terusan. Kalo gak ada orang di rumah ya listriknya dimatiin aja.
Simpel kan?

Ada quotes yang gue suka : "Satu orang butuh 10 pohon untuk memenuhi oksigen dalam hidupnya. Karena itu ayo tanem 10 pohon buat diri kalian masing-masing. Jangan ngambil jatah pohon orang lain untuk diri kalian."

Dan ada juga : "Saat pohon terakhir sudah ditebang, saat sungai terakhir sudah tercemar, saat ikan terakhir sudah ditangkap, pada saat itu kita baru sadar uang tak bisa dimakan."

4 comments:

MARIA JESSICA said...

bagus banget sha!

佳穎 said...

好中意你的BLOG阿~加油!........................................

daniawwrr said...

aduh sha gue sedih. btw liat blog gue deh yg polusi

Avri221lE_Pryce1 said...

不勞而獲的事情,並沒有價值.............................................